Kode SWIFT BNI Syariah Yang Benar Untuk Adsense

Kode SWIFT adalah kode yang digunakan untuk mengirim atau menerima uang dengan cara wire transfer. Kode ini berlaku secara internasional sehingga bisa digunakan bahkan untuk transfer ke luar negeri. Kode yang merupakan tanda pengenal suatu bank ini berbeda antara bank yang satu dengan bank lainnya. Untuk mengetahuinya bisa dengan menghubungi call center atau mendatangi bank yang bersangkutan. Tentu saja juga bisa dengan browsing di internet.

Beberapa pelayanan yang menggunakan metode pembayaran dengan wire transfer diantaranya adalah Google Adsense. Selain menggunakan Western Union, wire transfer menjadi pilihan pembayaran yang juga banyak digunakan oleh publisher Adsense.

Sebelumnya, saya sempat menggunakan metode pembayaran menggunakan western union (WU). Namun karena sibuk bekerja offline, google adsense tidak terurus, pembayaranku tidak pernah sampai lagi. Setelah dua tahun lebih, saya pun mencoba menjenguk Adsense lagi. Walau pun merangkak, sepertinya sebentar lagi payout. Di samping itu, ada pilihan pembayaran baru berupa wire tansfer

Jika dibandingkan dengan pembayaran menggunakan western union, kelebihan menggunakan pembayaran dengan wire transfer adalah, publisher tidak perlu datang ke kantor pos atau kantor WU untuk mencairkan uang. Selain itu, juga tidak perlu menyiapkan KTP sebagai tanda pengenal. Di tambah lagi, karena pagi saya bekerja, tidak ada kesempatan untuk pergi ke kantor pos. Dengan metode wire transfer, pembayaran Google Adsense akan langsung masuk ke rekening yang didaftarkan. Tanpa harus pergi kemana-mana atau menyiapkan apapun.

Penggunaan Kode SWIFT

Sebagai salah satu metode pembayaran Google Adsense, sebelumnya publisher harus melakukan input data bank yang akan digunakan untuk wire transfer. Dalam form yang diisi , diantaranya diminta untuk memansukkan kode SWIFT bank yang didaftarkan. Kebetulan saya menggunakan bank BNI Syariah. Maka dari itu saya pun mencari di internet kode SWIFT BNI Syariah.


Dari beberapa artikel yang saya baca, ada dua macam nomor SWIFT yang berbeda. Saya pun jadi ragu-ragu, mana yang benar. Tidak mau dong, gara-gara salah memasukkan kode SWIFT uangnya malah tidak sampai. Akhirnya saya menghubungi call center BNI di 1500046. Dari CS yang menjawab, dia mengatakan bahwa kode SWIFT BNI dan BNI Syariah adalah sama yaitu BNINIDJA. Tidak ada kode lain untuk itu.

Dari berbagai informasi yang ada, saya lebih mempercayai call center BNI. Karena pernyataan mereka lebih bisa dipertanggungjawabkan atas nama Bank BNI. Saya pun memasukkan kode yang saya dapatkan pada data pembayaran Google Adsense.

Pembuktian Kode SWIFT BNI Syariah

Pertanyaan selanjutnya adalah, apakah nomor yang saya masukkan memang benar. Untuk membuktikannya adalah dengan menunggu pembayaran dari Google Adsense. Jika uangnya bisa masuk dengan sukses, berarti kode SWIFT yang saya masukkan tidak salah.


Pada pagi tanggal 22 saya mendapat SMS notifikasi dari BNI yang menyatakan ada dana masuk senilai satu juta sekian. Dari angka tersebut, saya langsung tahu bahwa itu adalah dari Google Adsense. Dengan begitu, maka sudah terbukti bahwa kode SWIFT BNI Syariah yang diberikan oleh call center adalah benar, yaitu BNINIDJA.

Nilai Tukar Wire Transfer

Dalam hati saya mulai membandingkan dari segi nilai tukar rupiah. Lebih untung mana antara Western Union dan wire transfer. Mana yang lebih banyak potongannya? Untuk WU sendiri saya sudah tidak ingat lagi. Tapi untuk wire transfer kira-kira perhitungannya seperti ini.

Pembayaran yang harusnya saya terima adalah $ 101,43
Uang yang saya terima di rekening BNI Syariah adalah Rp 1.344.440,00
Nilai beli USD terhadap rupiah oleh bank BNI pada hari ini adalah 13.295,00
Jika dikalikan nilai yang mestinya saya terima adalah 101,43 x 13.295,00 = Rp 1.348.511,85
Ada selisih sebesar 1.348.511,85 - 1.344.440,00 = Rp 4.071,00

Ada selisih sebesar empat ribu rupiah dari nilai seharusnya. Jika dibandingkan dengan yang seharusnya, setidaknya bagi saya saat ini tidak seberapa. Syukuri saja apa yang sudah diterima.

Sebagai penutup, akhirnya saya bisa membuktikan kode SWIFT bank BNI Syariah yang benar. Meskipun untuk pembayaran adsense selanjutnya mungkin baru bisa saya peroleh tahun berikutnya. Maklum, penghasilan harian saya bahkan belum nyampe satu dollar. Tapi berhubung ngeblog adalah hobi, kita nikmati saja prosesnya. Semoga bermanfaat.
Baca Juga

Post a Comment

6 Comments

  1. Terimakasih gan.. infonya lengkap dan bermamfaat. Berarti memang tidak perlu lagi menggunakan WU, biaya transfernya sangat kecil. Saya juga menggunakan BNI Syariah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagi yang tidak mau repot, menggunakan wire transfer memang lebih mudah. Untuk potongannya tergantung kurs dan jumlah yang diterima.

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Untuk nama bank nya di masukkan apa mb di settingan pembayaran adsense nya? apakah disamakan atau pakai PT.BANK BNI SYARIAH?

    ReplyDelete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar